1000 KUPU KUPU KERTAS

Kumpulan Cerita Inspiratif Dan Motivasi
Ini adalah sebuah cerita tentang sepasang kekasih remaja yang datang merantau ke Negeri Kanguru agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik dikemudian hari nanti ketika telah pulang kampung. Sebut saja laki-laki itu dengan nama John dan perempuan dengan Ann.
John dan Ann bertemu di sebuah cafe dimana mereka berdua bekerja bersama. Cinta mereka bermulai dari sana dan hubungan mereka berjalan lancer-lancar saja selama setahun. Dalam masa pacaran mereka John selalu rajin membuat kupu-kupu dari kertas berwarna-warni buat Ann. John melakukan semua itu hanya ingin membahagiakan Ann yang cita-citanya ingin menjadi seekor Kupu-kupu yang cantik dan bisa terbang kesana kemari untuk membawakan keindahan kepada setiap orang.
Hari demi hari berlalu, mereka pun jadi jarang sekali bisa bertemu karena Ann pindah kerja di tempat lain, tetapi itu semua tidak mengubah cinta John kepada Ann. Semuanya dibuktikan John dengan meminta cuti kepada atasan sesekali dalam sebulan untuk mengunjungi Ann dan mengajaknya jalan-jalan. Bahkan John secara diam-diam bertekad untuk menggunting Seribu Kupu-kupu buat Ann.
John dari awal hendak memberikan kejutan 1000 kupu-kupu kepada Ann dihari ulang tahunnya yang akan segera tiba. Tetapi Tuhan berkehendak lain, karena seminggu sebelum harinya tiba Ann berkata kepada John kalau dia ingin back for good ke Indonesia. Ann tiba-tiba bilang kalau dia pulang ingin menikah dengan seorang pengusaha yang kaya.
Ann berkata,”pernikahan adalah masalah yang paling penting bagi seorang perempuan dan merupakan jalan menuju kehidupan yang kedua kalinya, jadi aku harus menggunakan kesempatan ini dengan baik. Aku tidak bisa bersama mu lagi,kamu terlalu miskin, kalau kerja begitu terus selamanya tak akan mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Aku tidak bisa bayangkan bagaimana jadinya hidupku ini kalau menikah dengan mu. Aku sudah letih dan bosan jadi orang miskin.”
Sejak detik itu juga pupus lah keinginan John untuk memberikan surprise 1000 kupu-kupu yang telah ia rencanakan jauh-jauh hari. Bahkan saat mendengar semua itu dari mulut Ann, hati John terasa ditikam pisau, mulutnya seakan membeku diam seribu bahasa, tetapi kelopak matanya masih sanggup menahan linangan air mata, dan detakan jantungnya seolah tidak terasa waktu itu. John benar-benar tidak bisa lagi mencari alasan untuk menahan Ann agar tetap bersama dia.
Setelah kejadian itu mereka kehilangan kontak. Dan John pun bekerja keras siang dan malam, bahkan bekerja dibeberapa tempat kerja part time. Semua pekerjaan dilakukan dengan sangat baik dan tekun.
Beberapa tahun berlalu, akhirnya kerja keras John pun membuahkan hasil yang memuaskan karena sang pemilik cafe mempercayakan dia untuk menjalankan bisnisnya itu. Hanya dalam waktu singkat John berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi besar dan mempunyai beberapa cabang di Negara lain.
Walupun sudah menjadi kaya, John tetap tidak menjadi sombong dan hatinya selalu mencintai Ann yang telah lama meniggalkan dia. Hingga pada suatu hari John pulang kampung sebentar sekaligus untuk mencari tahu bagaimana kehidupan Ann disana. Dan ingin membuktikan bahwa kata-katanya sebelum pergi telah membuat dia menjadi seorang yang berhasil, serta ingin memberikan kupu-kupu itu kepada dia.
Ketika sampai di rumah orang tua Ann, John langsung menanyakan kabar tentang Ann dan bagaimana hidupnya sekarang dan ingin sekali bertemu dengan dia. Tetapi Orang Tua Ann tidak menjawab pertanyaan John sama sekali dan langsung membawa John ke halaman belakang. John malah kebingungan karena tidak dilihatnya ada Ann di taman kecil itu.
Dan John pun merasa heran dan bertanya lagi kepada ibunya Ann, kenapa mambawa dia kesitu dan kenapa tidak beritahu dia dimana Ann berada. ‘Silahkan lihat kearah sana yang penuh bunga itu’,jawab ibunya. Setelah berjalan mendekat kesana ternyata hanya ada sebuah Nisan yang bertuliskan nama Annie Caroline.
Langsung John dengan penuh kesedihan bertanya kepada ibunya sebenarnya apa yang terjadi. Ini makam siapa? “Itulah anakku Ann dan orang yang ingin Anda temui,”jawab ibu. “Sebenarnya Ann tidak menikah dengan siapapun, tetapi dia telah pergi ke surga setelah tidak lama kembali dari Sydney. Dia divonis oleh dokter bahwa dia terkena sejenis penyakit kanker otak dan hidupnya tidak lebih dari sebulan lagi.” Setelah mendengar cerita itu lutut John tidak kuat lagi untuk menahan berat badannya. Dan kelopak matapun tidak sanggup lagi menahan air mata yang telah jatuh berlimpahan di depan Ann.
Sambil berlutut dia memegang nisan Ann dan menemukan tulisan disampingnya “Aku sangat bahagia bisa bersamamu, walaupun tidak selamanya. Kini Ku telah Jadi Kupu-Kupu di Dunia lain. Semoga Engkau bahagia selalu.”
Kemudian ibunya menjelaskan, “tulisan itu adalah pesan Ann sebelum dia meniggal, dan berpesan agar kamu bisa memaafkannya karena dulu telah menyakiti mu dan itu semua dia lakukan agar kamu bisa mempunyai masa depan yang lebih baik dan hidup yang lebih bahagia.”
Pada malam itu juga merupakan malam ulang tahun Ann, dan John pun menggantungkan semua kupu-kupu yang telah dia simpan selama bertahun-tahun di taman kecil itu dan menyalakan 99 lilin tanda cintanya kepada Ann yang selamanya tidak akan berubah.
Kupu-Kupu itu terliat begitu indah dengan warna yang beraneka ragam serta disinari lilin dan terangnya Bulan pada malam itu. Saat itu juga John merasa sangat bahagia sekali karena bisa melewati malam tahun baru bersama Ann dan telah mengabulkan keinganan Ann.
Akhir kata, Janganlah membenci orang yang telah menyakiti kita karena dibalik semua itu pasti ada sebab dan hikmah yang berharga. Janganlah putus asa dengan mudah, karena selama nafas masih ada masalah pasti tidak akan berhenti datang juga.

No comments:

Post a Comment